Manfaat Musik untuk Kesehatan Mental

10 Manfaat Musik bagi Kesejahteraan Mental dan Emosi

Dari membangun kepercayaan diri hingga mendukung meditasi, hadirkan musik di setiap momen hidupmu dan rasakan manfaat luar biasanya untuk kesehatan mental dan emosional
0 Shares
0
0
0

Musik tidak hanya menghibur, tapi juga memiliki peran besar dalam menjaga kesehatan mental dan emosi kita. 

Coba bawa pikiranmu ke situasi ini: Kamu mendengar lagu kesukaanmu, dan seketika merasa semua beban pikiran terangkat.

Sungguh menakjubkan bagaimana musik berperan seperti jendela yang membuka lebar, membiarkan sinar matahari menyinari diri kita, khususnya ketika kita merasa sedang berada di dasar jurang yang paling dalam.

Ini karena musik memiliki kekuatan untuk membantu kita melalui berbagai perasaan, baik itu suasana hati yang baik maupun tidak baik.

Jadi, apakah kamu sudah penasaran bagaimana musik memberikan manfaat bagi kesehatan mental dan emosi kita? Mari simak!

“Tanpa musik, kehidupan akan menjadi kesalahan”

Friedrich Nietzsche

Berikut ini adalah 10 manfaat musik bagi kesejahteraan mental dan emosi kamu:


Mengurangi Stres dan Kecemasan 

Musik dapat mengurangi stres dan kecemasan
Ilustrasi – Music lifts you up

Mendengarkan musik yang kamu sukai dapat meredakan stres dan kecemasan. Itu karena nada dan ritme dalam musik mengaktifkan bagian otak yang memproses emosi, yang mengakibatkan rilis hormon stres.

Mendengarkan musik yang kamu sukai dapat meredakan stres dan kecemasan. Kok bisa? Nah, itu karena nada dan ritme dalam musik mengaktifkan bagian otak yang memproses emosi, yang menghasilkan pengurangan hormon stres. Menarik, bukan? 

Genre Musik yang Menenangkan Stres & Kecemasan 👇

Bukan semua genre musik dapat memberikan efek menenangkan, lho. Beberapa genre musik tertentu cenderung memiliki kemampuan lebih untuk meredakan stres dan kecemasan. 

Musik Klasik

Musik klasik sering dianggap sebagai musik yang paling menenangkan. Misalnya, lagu “Air on the G String” oleh J.S. Bach atau Symphony No. 9 “Choral” oleh Beethoven.

Jazz

Jazz juga bisa jadi pilihan, dengan irama yang lembut dan melodi yang menenangkan. Coba dengarkan “Blue in Green” oleh Miles Davis, oke?

Lo-fi Hip Hop

Genre ini baru-baru ini populer sebagai musik latar belajar atau bekerja karena memiliki beat slow tempo yang rileks. Jalani hari sambil mendengarkan “Lofi Hip Hop Radio – Beats to Relax/Study to” ya!

Ingat, musik adalah pengalaman pribadi dan apa yang menenangkan satu orang mungkin tidak menenangkan orang lain.

Cobalah berbagai tipe musik dan lagu hingga kamu menemukan apa yang paling efektif untukmu!   

Ini bukan sihir, tapi fakta ilmiah. Musik dapat menjadi semacam terapi alami untuk membantu kamu menghadapi hari-hari yang penuh tekanan.

Hal yang menyenangkan adalah, kamu memiliki kebebasan untuk memilih genre musik apa pun yang menurut kamu paling efektif dalam mengusir stres dan kecemasan.

Jadilah DJ pribadi untuk kesejahteraan mentalmu sendiri!


Meningkatkan Suasana Hati 

Musik memiliki kemampuan unik untuk mempengaruhi suasana hati kita. Lagu yang ceria dan bersemangat bisa mengangkat mood saat kamu merasa sedikit ke bawah, sedangkan lagu yang lembut dan santai bisa membantu kamu merasa lebih rileks.

Misalnya, genre musik pop dengan lagu-lagu ceria seperti “Happy” dari Pharrell Williams, atau “Can’t Stop The Feeling!” dari Justin Timberlake, dijamin bisa seketika membuatmu bergoyang dan lupa akan kekhawatiran.

Di sisi lain, jika kamu mencari sesuatu yang lebih slow, mungkin genre musik klasik atau jazz bisa menjadi pilihan.

Konten lain:  25+ Inspirasi: Tak Sekedar Kata Mutiara, Tapi Juga Aksi Nyata

Mendengarkan instrumental “Clair de Lune” dari Claude Debussy atau serenada lembut Ella Fitzgerald dalam “Summertime” bisa menjadi obat mujarab untuk membuang stres setelah hari yang panjang. 

Selain itu, musik dapat berfungsi sebagai alat terapi dalam mengatasi berbagai kondisi emosional. 

Sebuah penelitian bahkan menunjukkan bahwa musik mempengaruhi bagian otak yang berhubungan dengan emosi, sehingga mampu mengalihkan perhatian dari perasaan negatif dan mengarahkannya pada perasaan positif.

Jadi, jangan ragu untuk menyetel lagu favoritmu ketika kamu membutuhkan suntikan semangat!


Membantu Fokus 

Musik dapat membantu kamu untuk fokus
Music & Mind Power – Ilustrasi

Penelitian telah menunjukkan bahwa musik, terutama musik klasik, dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. 

Jadi, jika kamu merasa sulit berkonsentrasi, coba putar beberapa lagu Mozart atau Beethoven. Mungkin kamu akan merasa sedikit lebih seperti Einstein! 

Selain itu, musik juga dapat membantu mengurangi distraksi dan mengalihkan perhatian dari pikiran bergerak yang dapat mengganggu fokus dan konsentrasi.

Kamu bakal merasa lebih terpusat dan produktif saat mendengarkan musik. So ketika kamu merasa sulit untuk fokus, coba putar lagu favoritmu dan lihat perbedaannya!


Memperbaiki Kualitas Tidur 😴

Musik lembut dapat membantu kamu rileks sebelum tidur dan dapat meningkatkan kualitas tidur.

Lagu dengan tempo lambat, seperti lagu klasik atau jazz, sangat ideal untuk ini. Jadi, sebelum kamu pergi tidur, cobalah dengar beberapa lagu rileks. 

Tentu saja, kamu juga bisa mencoba berbagai jenis musik lain sampai menemukan yang paling membantumu tidur nyenyak.

Bahkan, ada beberapa aplikasi yang menawarkan playlist khusus untuk tidur. Temukan irama yang paling cocok denganmu dan nikmati tidur yang berkualitas!

Berikut ini adalah lima rekomendasi lagu lembut yang terkenal dapat membantu kamu untuk rileks dan tidur lebih nyenyak: 

  1. “Can’t Help Falling in Love” oleh Elvis Presley – Sebuah klasik yang tak lekang oleh waktu, lagu ini memiliki melodi yang lembut namun penuh dengan emosi.
  2. “Both Sides Now” oleh Joni Mitchell – Renungan tentang ketidakpastian dan keajaiban hidup. Lagu ini bisa menjadi sebuah obat penenang natural.
  3. “Gravity” oleh John Mayer – Musik gitar yang lembut dan suara Mayer yang merdu membuat lagu ini sempurna untuk akhir malam.
  4. “Make You Feel My Love” oleh Bob Dylan – Di-cover oleh banyak artis sepanjang sejarah, versi Dylan dari lagu ini memiliki kualitas merdu yang bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh
  5. “Sounds of Silence” oleh Simon & Garfunkel – Sebuah lagu lama yang hangat dan menenangkan, lagu ini bisa membuatmu merasa rileks dan tenang.

Meningkatkan Kepercayaan Diri 

Musik juga bisa menjadi alat yang kuat untuk membangun kepercayaan diri. Mendengarkan lagu yang membuat kamu merasa kuat dan percaya diri bisa sangat membantu, terutama sebelum situasi yang menegangkan seperti presentasi atau wawancara kerja. 

Berikut ini beberapa lagu dan genre musik yang memberikan kita ‘dorongan’ kepercayaan diri: 

  • “Confident” oleh Demi Lovato – Lagu ini memiliki lirik yang memberdayakan dan adanya irama pop yang menghancurkan semuanya memberikan dorongan kepercayaan diri.
  • “Rise Up” oleh Andra Day – Jika kamu merasa mindsetmu sedang terjatuh, lagu ini akan membangkitkan semangatmu dan menunjukkan bahwa kekuatan ada dalam dirimu untuk bangkit dan melawan tantangan yang datang.
  • “I Will Survive” oleh Gloria Gaynor – Sebuah anthem yang kuat tentang kekuatan dan ketahanan diri ketika menghadapi masa sulit.
Konten lain:  Kekuatan Dahsyat Berjalan Kaki bagi Fisik dan Mental

Jadi, jika kamu merasa sedikit tegang sebelum presentasi atau wawancara kerja, cobalah putar salah satu lagu ini atau turunkan diri kamu dalam genre musik yang mengangkat semangat. Siapa tahu, mungkin itu bisa menjadi kunci untuk suksesmu!

Lebih jauh lagi, bermain instrumen musik juga dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Proses belajar, berlatih, dan akhirnya menjadi mahir dalam bermain instrumen bisa memberikan rasa pencapaian yang luar biasa. 

Apapun genre musik favoritmu, ingatlah bahwa musik memiliki kekuatan untuk membuat kamu merasa berharga dan percaya diri.


Meningkatkan Kreativitas 🎨

Musik dapat membuat kita menjadi lebih kreatif
Paint of creativity – Ilustrasi

Musik dapat mempengaruhi bagaimana kita berpikir dan bisa merangsang otak kita untuk menjadi lebih kreatif.

Jadi, jika kamu merasa macet secara kreatif, cobalah mendengarkan beberapa lagu yang belum pernah kamu dengar sebelumnya. Siapa tahu, mungkin itu akan membantu memicu ide-ide baru! 

Salah satu hal yang membuat musik menjadi alat yang hebat untuk meningkatkan kreativitas adalah kemampuannya untuk membawa kita ke tempat-tempat baru dalam pikiran kita.

Musik bisa menstimulasi imajinasi dan membantu kita melihat dunia dari sudut pandang yang berbeda.

Lain kali kamu merasa perlu dorongan kreatif, ingatlah untuk menyalakan musik favoritmu dan biarkan melambungkan pikiranmu. Siap-siap dibuat terpana oleh ide-ide cemerlang yang mungkin muncul!


Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi 

Musik bisa menjadi sarana yang baik untuk mengungkapkan perasaan dan emosi yang mungkin sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Lagu-lagu tertentu bisa membantu kamu merasakan dan mengungkapkan emosi, membantu kamu berkomunikasi lebih efektif. Misalnya: 

  • Untuk Perasaan Sedih:  “Gravity” oleh Sara Bareilles
  • Untuk Perasaan Bahagia:  “Wake Me Up” oleh Avicii
  • Untuk Motivasi: “Eye of the Tiger” oleh Survivor
  • Untuk Perasaan Cinta: “I Will Always Love You” oleh Whitney Houston

Musik adalah bahasa universal yang dapat menyampaikan emosi kita, bahkan saat kata-kata gagal melakukannya. 


Terlebih lagi, mengasah kemampuan musik, seperti bermain alat musik atau bernyanyi, dapat membantu kamu dalam berkomunikasi non-verbal, yang bisa meningkatkan hubungan sosial dan emosional kamu.

Selain itu, memahami musik juga bisa melatih empati dan membantu kamu memahami emosi orang lain lebih baik.

Musik, dengan segala nada dan iramanya, bisa menjadi bahasa universal tanpa harus ada kata-kata. So, next kalau kamu merasa kesulitan mengekspresikan perasaan, coba lewatkan lewat lagu, ya!


Membantu Pengendalian Emosi 😤

Siapa bilang musik hanya bisa menghibur saat kita sedang gembira? Musik juga memiliki kekuatan magis untuk menenangkan hati dan pikiran, membanjiri ruang di dalam diri kita yang paling gelap dengan cahaya.

Berikut adalah beberapa lagu yang bisa membantu kamu menenangkan hati saat merasa marah atau sedih: 

Untuk Mengurangi Kemarahan: 

  • “Breathe” – Pink Floyd: Melodi yang tenang dan lirik yang penuh makna dari lagu ini bisa membantu kamu meredakan kemarahan.
  • “Let It Go” – James Bay: Lagu ini bisa menjadi mantra yang membantu kamu melepaskan semua hal yang membuat kamu merasa marah.
  • “Three Little Birds” – Bob Marley: Pesan positif dan semangat yang dibawakan oleh lagu ini bisa membantu kamu melihat sisi cerah dari masa-masa sulit.

Untuk Mengurangi Kesedihan: 

  • “Fix You” – Coldplay: Dengan lirik yang menggugah hati, lagu ini bisa menjadi teman yang baik saat kamu sedang berjuang dengan kesedihan.
  • “Yesterday” – The Beatles: Mengingatkan bahwa perasaan sedih hanyalah bagian dari kehidupan, dan setiap hari adalah kesempatan baru untuk bangkit kembali.


Musik bisa menjadi outlet yang aman dan efektif untuk melepaskan emosi-emosi tersebut.

Konten lain:  Kesehatan Mental: Pondasi #1 Kesuksesan Karir

Tak hanya itu, berbagai jenis musik juga memiliki efek yang berbeda pada mood dan emosi kita.

Misalnya, musik klasik sering dikaitkan dengan perasaan tenang dan rileks, sedangkan musik dengan ritme cepat dapat membantu kita merasa lebih berenergi dan bersemangat. 

Jadi, next ketika kamu merasa emosi kamu kurang terkendali, coba dengarkan musik! Ini bisa menjadi salah satu cara mudah dan menyenangkan untuk mempertahankan keseimbangan emosionalmu.


Menciptakan Koneksi Emosional dengan Orang lain 💃🕺

Musik bisa menjadi penghubung yang kuat antar individu. Mendengarkan lagu yang sama, atau pergi ke konser bersama, bisa membantu menciptakan ikatan emosional dan membagikan pengalaman bersama.

Pernah berpikir untuk berbagi playlist dengan teman atau keluarga? Itu bisa jadi cara yang manis untuk mengungkapkan perasaan, atau mungkin memperkenalkan mereka ke genre baru yang kamu suka.

Dengan berbagi lagu, kamu bukan hanya berbagi suka dan duka lewat lirik, tetapi juga cerita tentang mengapa lagu tersebut spesial bagi kamu. Percaya atau tidak, ini menjadi jalan menciptakan ikatan emosional yang kuat.

Membuat koneksi dengan orang lain melalui musik
Ilustrasi – The Moves of Music

Lalu, bagaimana kalau pergi ke konser? Ya, itu bisa menjadi pengalaman yang luar biasa.

Keriuhan orang-orang, dentuman musik, dan suasana yang terbentuk bisa menjadi memori yang tak terlupakan.

Tidak hanya itu, kamu juga memiliki kesempatan untuk melihat langsung idola musik favoritmu dan berbagi momen tersebut dengan orang-orang terdekatmu.

Sungguh pengalaman yang memperkaya emosi, bukan? Jadi, siapa bilang musik hanya soal mendengarkan?

Dengan berbagi dan mengekspresikan, kamu sebenarnya sedang membangun kesehatan mental dan emosi secara halus.

Seiring waktu, perasaan dan memori yang terhubung dengan lagu atau pertunjukan tertentu bisa memperkuat ikatan ini, membuat kamu merasa lebih dekat dengan orang-orang di sekitarmu.

Ketika kamu mendengarkan lagu favoritmu, ingatlah bahwa kamu tidak hanya menikmati ritme dan melodi, tetapi juga membantu membangun koneksi emosional yang kaya dengan orang lain.


Membantu dalam Meditasi 🧘‍♀️

Musik dapat membantu kamu untuk bermeditasi
Peak of Serenity

Musik yang santai dan lembut, seperti musik instrumental atau suara alam, bisa sangat membantu dalam meditasi.

Berbicara tentang genre, tidak ada yang lebih baik untuk meditasi daripada musik ambient atau chill-out.

Contohnya lagu-lagu seperti “Weightless” oleh Macaroni Union atau “Watermark” oleh Enya. Kedua lagu ini memiliki melodi yang lambat dan ritmis, serta nada-nada yang halus, membuatmu dapat lebih lembut dalam bermeditasi.

Coba juga dukungan bunyi alam seperti suara ombak laut, aliran sungai, atau desiran angin di daun-daun. Ini bisa menjadi pendamping meditasi yang sangat baik.

Kamu juga bisa menemukan banyak rekaman suara alam di platform musik seperti Spotify dan YouTube. Ingin mencoba? 

Jangan lupa untuk menyiapkan lingkungan yang nyaman untuk mendengarkan musik jenis ini. Matikan lampu, nyalakan lilin atau lampu garam Himalaya, dan setting smartphonemu dalam mode Do Not Disturb.

Dengan begitu, kamu bisa benar-benar tenggelam dalam musik dan mengalami meditasi yang mendalam.

Oke, sekarang kamu sudah siap untuk bermeditasi dengan musik. Ingat, tidak ada aturan keras dan cepat tentang jenis musik yang “harus” kamu dengarkan saat bermeditasi.

Yang terpenting adalah kamu merasa nyaman dan dapat menjernihkan pikiranmu. Daripada hanya fokus pada musik, mari kita gunakan musik sebagai alat untuk membantu kita mencapai keadaan meditasi yang lebih dalam. 

Musik ini bisa membantu kamu masuk ke dalam keadaan rileks dan fokus yang diperlukan untuk meditasi yang efektif. 

Ketika kamu merasa kelelahan mental atau emosional, jangan ragu untuk mencari bantuan dari teman musikal kamu. Selamat mencoba!


The mind of music

Musik, dengan semua manfaatnya, sudah jelas bisa membantu menjaga kesejahteraan mental dan emosi kamu.

Melihat sepuluh manfaat diatas, siapa yang bisa menolak sihir dari musik? Nyalakan speaker dan menikmati beberapa lagu favoritmu sekarang! 

0 Shares
Tetep baca konten Sapiocyclo walau sedang di kereta 🚂
Not now
Install
You May Also Like