Bergerak = hidup sehat

Rahasia Sederhana Cegah Penyakit: Cukup dengan Bergerak!

Seberapa sering kamu bergerak setiap hari? Temukan pentingnya gerak dalam menjaga kesehatan dan tips sederhana untuk memasukkannya ke rutinitasmu!
0 Shares
0
0
0

Tubuh manusia itu esensialnya dibuat untuk bergerak, bukan untuk duduk atau berbaring sepanjang hari.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa aktivitas fisik adalah kunci untuk mencegah berbagai jenis penyakit, bahkan penyakit berat seperti jantungan, stroke, hingga kanker. 

Mencegah lebih baik dari mengobati

Tak jarang kita sibuk berburu obat paling manjur untuk mengatasi berbagai penyakit. Namun, pernahkah kamu meluangkan waktu sejenak untuk memikirkan tentang strategi pencegahan?

Siapa sangka, ada satu cara mudah yang bisa kamu lakukan setiap hari untuk menjauhkan diri dari berbagai macam penyakit.

Penasaran apa itu? Simak baik-baik, jawabannya ada pada kebiasaan sehat ini: lebih banyak bergerak.

Kurang Gerak = Sumber Tidak Sehat

Kurang bergerak bisa jadi sumber masalah kesehatan yang tak terduga. Coba bayangkan tubuh kita sebagai mesin.

Kalau mesin itu tak berfungsi sebagaimana mestinya, tentu kinerjanya menurun dan risiko kerusakan meningkat, kan?

Nah, tubuh kita pun begitu. Kalau kita kurang bergerak, fungsi tubuh kita akan terganggu dan berbagai penyakit bisa mengintai. 

Ini adalah alasan mengapa bergerak, berjalan kaki, dan berolahraga penting dalam mencegah berbagai macam penyakit. 


Alasan dan Manfaat: Mengapa Manusia Butuh Banyak Bergerak?

Bergerak adalah kebutuhan biologis. Saat kamu bergerak, otot-ototmu berkontraksi yang lalu akan membantu memompa darah kembali ke jantung.

Itu berarti bergerak bisa mendukung sistem kardiovaskularmu. 

Selain itu, bergerak juga akan membantu metabolisme tubuhmu menjadi lebih baik. Jadi, jika kamu tidak ingin terserang penyakit seperti diabetes atau kanker, bergerak lebih sering bisa menjadi solusinya.

Mari kita bahas alasan dan semua manfaat bergerak secara mendetil di bawah ini:

Konten lain:  10 Manfaat Meditasi untuk Kesehatan Mental dan Fisik

1. Bergerak Meningkatkan Kesehatan Jantung

Ketika kamu bergerak, jantungmu akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Sebuah proses biofisik yang penting dan rumit.

Proses ini berarti lebih banyak darah yang kaya oksigen disalurkan ke seluruh tubuh, memberikan nutrisi bagi setiap sel yang ada di dalamnya. Apa yang terjadi selanjutnya? 

Manfaat Bergerak bagi Jantung dan Pembuluh Darah 

Hasilnya, jantungmu menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu, kesehatan pembuluh darahmu juga ikut meningkat.

Saat jantung memompa lebih banyak darah, pembuluh darahmu mengalami apa yang disebut dengan ‘vasodilation’, atau pelebaran pembuluh darah.

Proses tersebut memungkinkan lebih banyak darah untuk mengalir dan menyalurkan oksigen serta nutrisi ke seluruh bagian tubuh.

Berikut merupakan beberapa manfaat yang bisa didapatkan: 

  • Peningkatan kapasitas kerja jantung: Melalui latihan teratur, jantung dapat memompa lebih banyak darah per denyut, yang berarti ia dapat bekerja lebih efisien.
  • Peningkatan sirkulasi darah: Dengan pembuluh darah yang lebih luas, darah bisa mengalir lebih bebas dan mencapai seluruh bagian tubuh dengan lebih efisien.
  • Meningkatkan kesehatan pembuluh darah: Seiring waktu, pembuluh darah menjadi lebih kuat dan lebih elastis, yang berkontribusi pada kesehatan jantung yang lebih baik.

2. Bergerak Membantu Kontrol Berat Badan

Saat kamu melakukan hal sederhana seperti berjalan kaki, tubuhmu tengah bekerja keras memanfaatkan energi. Energi tersebut adalah hasil dari kalori yang telah kamu konsumsi melalui makanan.

Jadi, gambaran sederhananya adalah: semakin sering kamu bergerak, semakin banyak kalori yang sukses dibakar oleh tubuhmu. 

Mudahnya, bergerak = membakar kalori = kontrol berat badan.

Jadi, bergerak adalah cara efektif untuk menjaga atau menurunkan berat badan.

Bagaimana dengan basis biologinya? 

  • Metabolisme: Saat kamu bergerak, metabolisme tubuhmu meningkat. Metabolisme adalah proses di mana tubuhmu mengubah makanan menjadi energi. Jadi, bergerak dapat membantu tubuhmu menggunakan kalori lebih efisien.
  • Otot: Bergerak, terutama olahraga, membantu membangun otot. Otot membakar lebih banyak kalori dibandingkan lemak, bahkan saat dalam keadaan istirahat. Jadi, semakin banyak ototmu, semakin banyak kalori yang bisa kamu bakar!
Konten lain:  25+ Inspirasi: Tak Sekedar Kata Mutiara, Tapi Juga Aksi Nyata

Jadi, tubuhmu adalah mesin pembakar kalori yang luar biasa. Semakin banyak kamu bergerak, semakin efisien mesin ini bekerja, membantu kamu mengendalikan berat badan.


3. Mengurangi Risiko Penyakit Kronis

Orang yang lebih banyak bergerak memiliki risiko yang lebih rendah terhadap berbagai penyakit kronis, seperti diabetes dan kanker.

Mengapa? Karena bergerak dapat membantu tubuhmu mengontrol kadar gula darah dan meningkatkan sistem imunmu. 

Kita bahas lebih detail tentang bagaimana bergerak lebih banyak bisa membantu kamu dalam mengurangi risiko penyakit kronis.

Sebagai catatan, bergerak di sini tidak hanya berarti berolahraga di gym, tapi juga aktivitas fisik lainnya seperti berjalan kaki, menari, atau berkebun juga termasuk loh.

Mengontrol Kadar Gula Darah 

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang bisa dicegah dengan bergerak lebih banyak. Saat bergerak, otot-otot dalam tubuhmu akan bekerja lebih keras dan menggunakan lebih banyak glukosa, yang mana bisa membantu mengontrol kadar gula darah dalam tubuhmu. 

Menyehatkan Jantung dan Membantu Sistem Kekebalan Tubuh 

Aktivitas fisik juga bisa membantu jantungmu bekerja lebih efisien dan meningkatkan sirkulasi darah. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung koroner.

Dan tentunya, dengan sirkulasi darah yang baik, sistem kekebalan tubuhmu juga akan bekerja lebih optimal. 

Mencegah Kanker 

Studi telah menunjukkan bahwa bergerak lebih banyak bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus besar.

Hal itu mungkin karena aktivitas fisik membantu memperbaiki metabolisme tubuh dan mengurangi peradangan. 


4. Menjaga Kesehatan Tulang dan Otot

Bergerak juga sangat penting untuk kesehatan tulang dan ototmu. Ketika kamu bergerak, ototmu bekerja dan menjadi lebih kuat.

Bergerak juga dapat membantu tubuhmu menyerap kalsium, yang sangat penting untuk kesehatan tulang. 

Kalsium berperan dalam membangun dan mempertahankan kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, mineral ini juga penting untuk fungsi otot, transmisi saraf, dan koagulasi darah.

Konten lain:  Tips Memulai Rutinitas Olahraga untuk Kaum Mager

Jadi, sudah jelas bukan? Tubuhmu membutuhkan banyak gerakan. Jadi, mulailah bergerak lebih banyak sekarang juga dan rasakan manfaatnya untuk kesehatan.


Seberapa Sering Kita Butuh Bergerak untuk Menjadi Sehat?

Bergerak bukan hanya berarti berolahraga intens dalam gym atau lapangan. Setiap kali kita berdiri, berjalan, berlari, berenang, atau bahkan menari, kita sebenarnya sedang melakukan aktivitas fisik. 

Jadi, bagaimana cara kita memasukkan lebih banyak aktivitas fisik ke dalam rutinitas sehari-hari kita?

1. Lebih Sering Berdiri 

Duduk berjam-jam di depan komputer atau televisi bukanlah ide yang baik. Buatlah diri kamu untuk berdiri setiap 15-25 menit sekali, misalnya saat menonton televisi atau bekerja di depan komputer. Ini akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. 

Ingat, tubuh kita tidak dirancang untuk duduk dalam waktu yang lama. Jadi, setiap kali kamu merasa pegal atau lelah, itu adalah isyarat tubuh kita untuk bergerak.

Jadi, apa yang menunggu kamu? Bangun dan bergeraklah!

2. Jadikan Berjalan Sebagai Rutinitas 

Apakah kamu tahu bahwa berjalan kaki 30 menit sehari dapat membantu menurunkan risiko berbgai penyakit.

Mulailah dengan berjalan kaki ke tempat kerja, pusat perbelanjaan terdekat, atau bahkan hanya berkeliling kompleks perumahan.

Keuntungannya bukan hanya untuk kesehatan fisikmu loh. Tapi bergerak lebih banyak juga dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan mood.

3. Olahraga Ringan 

Menyisihkan waktu untuk olahraga ringan seperti yoga atau senam aerobik bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. 

Selain itu, olahraga ringan juga dapat membantu pencernaan dan melancarkan peredaran darah, sekaligus meningkatkan konsentrasi dan mood kita. Jadi, sudah siap bergerak hari ini?


Setelah membaca artikel ini, kini kamu tahu bukan, betapa pentingnya gerak dan olahraga dalam menjaga kesehatanmu? Kegiatan sederhana seperti berjalan kaki pun memiliki dampak positif yang besar untuk tubuhmu.

 Jadi, tidak ada alasan untuk diam saja, kan? Yuk, mulai sekarang lebih sering bergerak dan berolahraga demi kesehatan yang lebih baik!

0 Shares
You May Also Like