Karir yang Cocok Berdasarkan Tipe Kepribadianmu: Temukan dengan Tes MBTI

Karir yang Cocok Berdasarkan Tipe Kepribadianmu: Temukan dengan Tes MBTI

0 Shares
0
0
0

Ketika berbicara tentang memilih karir, mungkin kamu pernah mendengar frase ‘pilihlah pekerjaan yang kamu cintai, dan kamu tidak akan pernah merasa bekerja sehari pun.’

Frase yang menarik bukan? Namun, bagaimana cara mengetahui pekerjaan apa yang kita cintai? 

Bagaimana kalau kita mulai dengan mengenali diri kita sendiri?

Salah satu cara yang paling populer dan efektif untuk melakukannya adalah dengan menggunakan tes kepribadian MBTI. 

MBTI adalah alat yang bisa membantu kita memahami diri sendiri lebih baik, dan dari situ kita bisa menentukan karir apa yang paling sesuai dengan kepribadian kita.

Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang MBTI dan bagaimana cara memilih karir berdasarkan hasil tes kepribadian tersebut. Yuk, masuki perjalanan menemukan diri dan karir impian kita bersama!


Mengenal Lebih Dekat MBTI 

MBTI atau Myers-Briggs Type Indicator adalah alat yang sering digunakan untuk mengukur dan memahami kepribadian seseorang. Tes ini dirancang oleh Katharine Cook Briggs dan putrinya, Isabel Briggs Myers, berdasarkan teori kepribadian yang dikembangkan oleh Carl Jung

MBTI mengklasifikasikan kepribadian seseorang ke dalam 16 tipe yang berbeda, masing-masing dengan kekuatan dan kelemahan, serta pilihan karir yang paling cocok. Dengan melakukan tes MBTI, kita dapat memahami diri kita lebih dalam dan mencari karir yang sesuai dengan kepribadian kita. 


MBTI untuk Pemilihan Karir 

Pemilihan karir yang tepat bukan hanya berdasarkan pendidikan dan keterampilan yang kita miliki, tetapi juga harus mempertimbangkan kepribadian kita.

Contoh sederhananya, jika kamu tipe orang yang suka bekerja sendiri, mungkin karir sebagai penulis atau programmer lebih cocok dibandingkan menjadi seorang guru atau pelayan publik. 

Konten lain:  Mengapa Stres Kerja Menular & Bagaimana Mengalahkannya?

MBTI dapat membantu kita dalam hal ini. Dengan memahami tipe kepribadian kita, kita dapat menentukan sektor pekerjaan dan posisi yang paling cocok dengan diri kita.

Sebagai contoh, tipe kepribadian ENFJ, atau ‘The Protagonist’, biasanya cocok dengan karir di bidang konseling, psikologi, atau pendidikan. 


Tips Memilih Karir Berdasarkan Kepribadian 

Cobalah untuk jujur dalam menjawab pertanyaan MBTI. Hasilnya akan sangat berguna dalam membantu kamu memahami diri sendiri dan apa yang kamu inginkan dalam karir.

Ingatlah juga bahwa tes ini bukanlah batas mutlak, namun hanya sebagai alat bantu dalam proses penemuan diri dan pemilihan karir. 

Setelah mengetahui tipe kepribadianmu, lakukan riset tentang karir yang cocok dengan tipe tersebut.

Selain itu, pertimbangkan juga minat, keterampilan, dan nilai-nilai yang kamu pegang. Karir yang sesuai dengan kepribadianmu akan membantu kamu merasa lebih bahagia dan puas dalam pekerjaan.


Cara Melakukan Tes MBTI untuk Bimbingan Karir 

Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk melakukan tes MBTI sebagai bimbingan dalam memilih karir: 

  1. Pahami Konsep MBTI
    Sebelum melakukan tes, penting untuk memahami konsep dasar MBTI. Tes ini mencakup empat dimensi utama: Introversion (I) vs Extraversion (E), Sensing (S) vs Intuition (N), Thinking (T) vs Feeling (F), dan Judging (J) vs Perceiving (P). Setiap kombinasi dari empat dimensi ini membentuk 16 tipe kepribadian.
  2. Lakukan Tes dengan Jujur
    Saat melakukan tes, jawablah pertanyaan dengan jujur dan tidak berdasarkan apa yang kamu pikirkan orang lain ingin dengar. Ini adalah tentang kamu dan apa yang paling cocok untuk kepribadianmu.
  3. Berikan Waktu yang Cukup
    Jangan tergesa-gesa saat menjawab pertanyaan. Biarkan dirimu merenungkan pertanyaan dan jawaban dengan seksama. Ini bukan tes cepat, melainkan penilaian yang mendalam tentang kepribadianmu.
  4. Lakukan Riset tentang Tipe Kepribadianmu
    Setelah mendapatkan hasil tes, lakukan riset lebih lanjut tentang tipe kepribadianmu. Hal ini akan membantu kamu memahami diri sendiri lebih baik dan menemukan karir yang paling cocok.
Konten lain:  Ekstrovert dalam MBTI: Lebih Dari Sekadar "Pusat Perhatian"

Ingatlah, tidak ada tipe kepribadian yang lebih baik atau lebih buruk dari yang lain.

Semua tipe memiliki kekuatan dan kelemahan sendiri. Yang penting adalah menemukan karir yang sesuai dengan kekuatan dan minat kita.

Sekarang, setelah kamu mengetahui tipe kepribadianmu, tahap selanjutnya adalah mencari tahu pekerjaan apa yang paling cocok. Di bawah ini adalah tabel yang mencantumkan contoh beberapa karir berdasarkan tipe kepribadian MBTI: 

Tipe Kepribadian MBTIContoh Karir
INTJInsinyur, Ilmuwan, Pengacara
ESFPPerawat, Konselor, Guru Seni
INFPPenulis, Psikolog, Konselor
ESTJManajer, Auditor, Penjual
Tabel personality MBTI

Tes MBTI dan pemahaman diri adalah langkah pertama dalam proses memilih karir yang tepat. Setelah mengetahui tipe kepribadianmu dan karir yang cocok, kamu bisa melanjutkan dengan merencanakan tujuan dan langkah-langkah selanjutnya.

0 Shares
You May Also Like