Mementingkan kesehatan mental di tempa kerja

Kesehatan Mental: Pondasi #1 Kesuksesan Karir

Kesehatan mental mempengaruhi produktivitas, hubungan di tempat kerja, dan kepuasan diri. Temukan tips menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan istirahat untuk kesejahteraanmu.
0 Shares
0
0
0

Apakah kamu pernah merasa lelah secara mental setelah hari kerja yang panjang dan penuh tekanan? Bukan hanya tubuh yang perlu istirahat, pikiran juga butuh!

Mungkin kita sering mendengar istilah ‘work-life balance‘, tapi apakah kita benar-benar memahami dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari? 

Kesehatan mental adalah komponen penting dalam pekerjaan. Bukan hanya tentang bagaimana kita menghadapi tekanan pekerjaan, tetapi juga tentang bagaimana kita menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan hidup kita. 

Kesehatan mental yang baik dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam bekerja.

Sementara kesehatan mental yang buruk dapat menyebabkan penurunan kinerja dan bahkan dapat mempengaruhi hubungan antarpersonal di tempat kerja.

PsychologyToday
Wanita pekerja

Tetapi, bagaimana caranya mempertahankan kesehatan mental yang baik di tempat kerja? Mari kita lanjutkan pembahasan ini dan cari tahu lebih lanjut.


5 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Karir yang Lebih Baik 

Menjaga kesehatan mental bukan hanya tentang menghindari stres, tetapi juga tentang menjaga keseimbangan antara kehidupan profesional dan pribadi. Berikut adalah beberapa cara yang dapat kamu lakukan: 

  • Jaga pola tidur yang sehat: Mendapatkan tidur yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik kamu. 
  • Luangkan waktu untuk diri sendiri: Mengambil waktu untuk diri sendiri setiap hari dapat membantu merasa lebih tenang dan berpusat.  
  • Pertahankan diet seimbang: Makanan sehat dapat membantu menjaga mood dan energimu tetap stabil.
  • Latihan fisik: Aktivitas fisik, seperti berjalan kaki atau berolahraga, dapat membantu meredakan stres dan meningkatkan mood.
  • Manajemen waktu yang baik: Mengatur jadwal kerja dan waktu istirahat dengan baik dapat membantu menghindari rasa lelah dan stres berlebihan.

Melanjutkan dari kelima poin di atas, mari kita jabarkan lebih mendalam!

Konten lain:  Work-Life Balance 101 untuk Milenial

Cara Menjaga Pola Tidur yang Sehat

Bagaimana kamu menjaga pola tidur yang sehat? Well, pertama-tama, hindari penggunaan perangkat elektronik sebelum tidur karena cahaya biru dari layar dapat mengganggu kualitas tidur. Ini buat kamu yang hobi scrolling TikTok di tengah malam!

Selain itu, perbanyak asupan makanan dengan kandungan triptofan, seperti kacang-kacangan dan ikan, untuk meningkatkan produksi melatonin, hormon tidur tubuh.

Coba untuk menjaga pola tidur tetap konsisten dengan tidur dan bangun di waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan. Ini akan membantu mengatur ritme sirkadian tubuh dan bisa meningkatkan kualitas tidur. Jika sulit tidur, cobalah teknik relaksasi seperti meditasi atau mendengarkan musik tenang.

Contoh playlist musik yang baik untuk membantu tidur

Hal Apa Saja yang Bisa Dilakukan Saat Meluangkan Waktu untuk Diri Sendiri?

Tahukah kamu bahwa waktu untuk diri sendiri sangat penting untuk kesehatan mental? Ini adalah momen ketika kamu bisa melupakan sejenak tentang pekerjaan dan fokus pada penuaan diri. Berikut ini beberapa hal yang bisa kamu lakukan: 

  • Meditasi: Meditasi telah terbukti memberikan manfaat besar dalam menjaga kesehatan mental. Bisa dengan duduk tenang selama 5-10 menit setiap hari, bernapas dalam-dalam dan melupakan sejenak semua pikiran yang ada.
  • Baca Buku: Membaca buku bisa menjadi cara untuk melarikan diri dari lingkungan kerja yang sibuk dan menekan. Pilihlah buku yang menarik dan membantu memperkaya wawasan.
  • Hobi Baru: Cobalah untuk mencoba hobi baru yang mungkin belum pernah kamu coba sebelumnya. Hal ini bisa membantu kamu untuk melihat dunia dari perspektif baru dan melatih kreativitas sekaligus ketekunanmu.

Selalu ingat bahwa seberapapun sibuknya kamu dengan pekerjaan, penting untuk mu selalu berikan waktu untuk kamu sendiri. Kesehatan mental adalah bagian penting dalam produktivitas dan karir yang sukses.


Cara Berdiet Seimbang yang Sustainable

Makanan sehat anti stres dan depresi

Berikut ini beberapa tips diet seimbang yang sustainable: 

  • Makan dengan teratur: Coba untuk tidak melewatkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Kalau bisa, tambahkan camilan sehat di antara waktu makan utama. Hal ini akan membantu menjaga kadar gula darah dan akhirnya, moodmu.
  • Pilih makanan yang sehat: Konsumsi makanan yang kaya akan protein, seperti kacang-kacangan, ikan, dan daging tanpa lemak. Konsumsi juga biji-bijian utuh, buah-buahan, sayuran, serta produk susu rendah lemak.
  • Jangan lupa minum air: Jangan meremehkan kekuatan air! Dehidrasi dapat mempengaruhi kognisi dan mood. Oleh karenanya, selalu sediakan air minum di meja kerjamu.
  • Cobalah mindful eating: Latihan ini melibatkan kehadiran penuh saat makan, memperhatikan rasa, tekstur, dan aroma makanan. Dengan cara ini, kamu bisa lebih merasa kenyang dan menikmati makananmu.
  • Limitasi konsumsi kafein: Meski kopi mampu memberikan ‘boost’ energi instan, konsumsi berlebihan bisa memicu kecemasan dan gangguan tidur. Cobalah mengeksplorasi minuman lain seperti teh herbal atau air putih.
Konten lain:  15 Makanan Super untuk Energi Seharian

Mengadopsi pola makan seimbang tidak hanya membantu kamu merasa lebih baik fisik, tetapi juga mendukung kesehatan mental. Sehingga, produktivitas di tempat kerja pun ikut meningkat!


Latihan Fisik untuk Kamu yang Sibuk Kerja

Terlalu sibuk bekerja sampai tidak memiliki waktu untuk berolahraga? Mungkin itu adalah hal yang sering kamu alami. Berikut ini beberapa tips olahraga untuk kamu yang sibuk: 

  1. Latihan Intensitas Tinggi Singkat (HIIT): Jika kamu tidak memiliki banyak waktu, HIIT bisa menjadi pilihan yang baik. Dengan berfokus pada intensitas bukan durasi, latihan ini bisa kamu lakukan dalam 15-20 menit saja.
  2. Yoga: Selain untuk tubuh, yoga juga sangat baik untuk menjaga kesehatan mental. Yoga bisa membantu menenangkan pikiran dan mengurangi stres. Kamu bisa mencoba yoga sederhana di rumah saat istirahat makan siang atau setelah pulang kerja.
  3. Jalan Santai: Jalan selama 20-30 menit setiap hari juga bisa menjadi cara yang bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan pikiran. Kamu bisa melakukannya sebelum mulai bekerja atau saat istirahat.

Tidak perlu repot-repot ke gym, cukup gunakan waktu luangmu secara efisien untuk melakukan latihan fisik sederhana dan lihatlah perubahan positif pada tingkat stres dan kesehatan mentalmu. Ingat, seimbang antara pekerjaan dan kesehatan fisik serta mental sangat penting untuk dijaga.


Tips Manajemen Waktu ala Pekerja Sukses

Sudahkah kamu sepenuhnya memanfaatkan 24 jam dalam sehari? Manajemen waktu yang efektif adalah kunci sukses pekerjaan dan kesehatan mental. Tetapi, bagaimanakah caranya? 

  • Prioritaskan Tugas: List semua pekerjaan yang harus kamu lakukan, lalu tentukan mana yang paling penting. Selesaikan tugas tersebut terlebih dahulu. Pekerja sukses biasanya memulai hari mereka dengan menyelesaikan tugas yang paling penting atau paling sulit.
  • Batasi waktu kerja: Waktu kerja yang tak terkontrol dapat mengganggu kesehatan mentalmu. Cobalah untuk menetapkan waktu kerja yang spesifik setiap harinya dan usahakan untuk tidak melampaui batas tersebut.
  • Break Time: Jangan lupakan waktu istirahat. Istirahat adalah penting untuk merefresh pikiran dan mencegah burnout. Ada baiknya kamu memberikan waktu istirahat antara tugas satu dengan tugas yang lain, bahkan jika itu hanya waktu sebentar untuk minum teh atau berjalan-jalan sejenak.
  • Menggunakan teknologi: Ada banyak aplikasi dan alat yang dapat membantu kamu dalam manajemen waktu. Misalnya, aplikasi tersebut bisa membantu kamu untuk memantau berapa lama kamu telah bekerja atau berapa lama kamu telah mengambil istirahat.
Konten lain:  Kekuatan Dahsyat Berjalan Kaki bagi Fisik dan Mental

Inilah serangkaian tips manajemen waktu yang patut kamu coba. Ingatlah bahwa seimbang antara pekerjaan dan istirahat juga penting untuk kesehatan mentalmu. Jadilah pekerja yang sukses dengan menjaga kesehatan mentalmu.


Sebagai penutup, penting untuk merangkum kembali manfaat-manfaat yang didapat dengan menjaga kesehatan mental dalam pekerjaan. 

“Seimbang antara pekerjaan dan istirahat adalah kunci untuk menjaga kesehatan mentalmu dan menjadi pekerja yang sukses.”

  • Manajemen waktu yang baik adalah langkah penting pertama dalam pencapaian keseimbangan kehidupan dan pekerjaan, dan itulah sebabnya serangkaian tips telah diajukan.
  • Lebih lanjut, pekerjaan dan istirahat yang seimbang tidak hanya penting untuk kesejahteraan fisik kita, tetapi juga untuk kesehatan mental kita.
  • Akhirnya, dengan menjaga kesehatan mental kita, kita dapat menghadapi tantangan pekerjaan dengan lebih baik dan mencapai sukses dalam karir kita.

Mari proaktif dalam menjaga kesehatan mental di tempat kerja. Ingatlah bahwa kamu memiliki kekuatan untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan positif untuk diri sendiri dan orang lain.

0 Shares
You May Also Like