Superman makan makanan super

15 Makanan Super untuk Energi Seharian

Kenali 15 makanan super yang dapat menjadi game-changer dalam rutinitas harianmu. Tingkatkan energi, fokus, dan kesejahteraan hidup!
0 Shares
0
0
0

Apa kamu pernah merasa lelah dan lesu di tengah hari meski sudah sarapan banyak? Mungkin saja masalahnya ada pada pilihan makanan yang kamu konsumsi.

Karena sebenarnya, ada beberapa makanan super yang bisa memberimu energi sepanjang hari.

Makanan super, atau sering dikenal dengan superfood, adalah makanan yang kaya akan nutrisi dan dianggap bermanfaat untuk membantu tubuh berfungsi dengan baik.

Koneksi antara apa yang kita makan dan bagaimana kita merasa itu nyata, loh. Jadi, mari kita pilih makanan yang tepat untuk kebutuhan energi kita sehari-hari!

Berikut ini adalah daftar 15 makanan super untuk menjaga energi kamu sepanjang hari:

  1. Tempe – Kaya protein dan probiotik yang bermanfaat.
  2. Kunyit – Antioksidan dan anti-inflamasi.
  3. Belimbing – Kaya vitamin C dan antioksidan lainnya.
  4. Daun Singkong – Kaya vitamin A dan C.
  5. Beras Merah – Kaya serat dan nutrisi penting.
  6. Jahe – Sering digunakan dalam minuman tradisional dan memiliki sifat anti-inflamasi.
  7. Pisang – Sumber potassium dan vitamin B6.
  8. Biji Selasih – Sering ditambahkan ke minuman, biji ini kaya serat.
  9. Jambu Biji – Sumber vitamin C, serat, dan senyawa bermanfaat lainnya.
  10. Kacang Hijau – Tinggi protein dan nutrisi esensial.
  11. Brokoli – Kaya vitamin K, C, dan serat.
  12. Daun Sirih – Dikenal memiliki sifat antiseptik.
  13. Alpukat – Sumber lemak sehat, potassium, dan vitamin E.
  14. Labu Siam – Sumber vitamin C, folat, dan serat.
  15. Sirsak – Dikenal kaya vitamin C dan potensi anti-kanker.

Yuk bahas satu persatu makanan super yang bisa memberi energi sepanjang hari untuk jalani rutinitas harian dengan lebih baik dan efektif. 

Makanan-makanan ini juga kaya akan nutrisi yang penting untuk kesehatan tubuh dan kesegaran pikiran!


Tempe: Makanan Super Sejuta Umat

Resep "Grilled Tempeh" by The Almond Eater
Resep “Grilled Tempeh” by The Almond Eater. Makanan super favorit banyak orang

Siapa bilang makan enak harus merogoh kocek dalam-dalam? Tempe, makanan sederhana yang sudah ada sejak jaman nenek moyang kita kini mulai diakui sebagai superfood sejuta umat!  

Dibalik ketampilan sederhananya, tempe dipenuhi dengan berbagai nutrisi yang bisa membuatmu tetap energik selama seharian.

Tempe adalah sumber protein yang fantastis dan juga sumber serat, vitamin B, dan mineral penting lainnya. Wow, menjadikan tempe sebagai alternatif protein yang sehat dan ramah di kantong! 

Kandungan Nutrisi Tempe yang Powerful 

Tempe tidak hanya enak, tetapi juga merupakan gudang nutrisi yang penting untuk tubuh. Setiap potong tempe memberikan serangkaian nutrisi yang dapat membantu menunjang energi seharian.

Protein, serat, vitamin B, dan mineral sangat melimpah dalam tempe. Tidak lupa, tempe juga kaya akan antioksidan yanng baik untuk kesehatan tubuh. 


Kunyit

Ayam kunyit dari Family Food on the Table
Ayam kunyit dari Family Food on the Table

Apa yang pertama kali terlintas di pikiranmu ketika mendengar kata kunyit? Sebagian besar dari kita mungkin hanya mengenal kunyit sebagai bumbu masakan biasa saja.

Namun, siapa sangka kalau ternyata kunyit merupakan salah satu superfood yang memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan dan energi? Dibalik warna kuning yang khas, kunyit menyimpan sebuah keajaiban bagi tubuh kita. 

Keajaiban Nutrisi dalam Kunyit 

Ada bermacam-macam kandungan yang spesial ada dalam kunyit. Mulai dari kurkumin, komponen aktif yang memberi warna keemasan pada kunyit hingga sifat antioksidan dan anti-inflamasi kuatnya.

Kunyit juga demikian kaya akan nutrisi seperti protein, serat, niacin dan vitamin-vitamin seperti C, E, K.

Ditambah pula dengan mineral-mineral berharga seperti potassium, kalsium, tembaga, besi, magnesium, dan zinc. Maka, tidaklah berlebihan jika kunyit mendapat predikat sebagai makanan super alias superfood! 

Kunyit tak hanya mempercantik hidangan saja, tapi juga melayani tubuh kita dengan dorongan energi yang begitu sangat menyegarkan.

Tidak hanya menambah rasa pada masakan, tapi juga menambah semangat dalam diri. 

Kunyit punya kekuatan menakjubkan dalam membantu memperlancar aliran darah kita. Lancarnya aliran darah berarti terjadilah peningkatan pasokan oksigen dan nutrisi ke setiap bagian tubuh, termasuk otak tentunya. Ini berarti, energi yang lebih baik untuk kamu. Temukanlah pengalaman berenergi lebih dengan kunyit!

Memaksimalkan Energi dengan Kunyit 

Gimana sih cara mengonsumsi kunyit untuk bisa memanfaatkan semua kebaikannya? 

Biasanya kunyit diolah menjadi bubuk dan dapat ditambahkan pada berbagai masakan dan minuman. Misalnya, dijadikan jamu kunyit asam, minuman tradisional yang sangat populer di negeri +62. 

Ada juga teh kunyit hangat yang dapat menjadi pendamping di saat santai, sembari memberikan energi ekstra untuk tubuh. Atau bisa juga dibuat smoothie kunyit, minuman sehat yang segar dan penuh energi. 

Ajak tubuhmu berdansa sepanjang hari dengan energi dari kunyit. Cukup mudah bukan, untuk menjaga energi kamu sepanjang hari sambil menikmati hidangan yang lezat dan sehat.


Belimbing

Belimbing, yang juga biasa dikenal sebagai star fruit, merupakan buah eksotis yang seringkali terlupakan. Namun, buah ini memiliki beragam manfaat untuk energi.

Belimbing termasuk makanan super dalam hal vitamin C dan serat yang cukup tinggi, keduanya sangat penting dalam penyediaan energi. 

Mengonsumsi belimbing dengan langsung memakannya adalah cara termudah untuk merasap manfaat tersebut. Namun, belimbing juga bisa digunakan dalam smoothie atau jus.

Lebih dari itu, belimbing seringkali dirujuk sebagai bahan utama dalam berbagai masakan, khususnya di Asia.

Konten lain:  10 Keuntungan Fantastis dari Memelihara Kucing

Belimbing menjadi pilihan terdepan dalam penyediaan energi yang sehat dan berkelanjutan. Dengan kandungan serat yang tinggi, belimbing membantu dalam melangsingkan sistem pencernaan dan memastikan bahwa energi di tubuh kamutersdistribusi dengan baik.

Selain itu, Belimbing juga kaya akan antioksidan dan vitamin yang dapat melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. 

Rasa belimbing yang manis dan asam menciptakan kombinasi yang menarik dan menyegarkan. Bagi mereka yang belum mencoba, sebenarnya ini adalah kesempatan yang baik untuk menambahkan variasi ke dalam diet sehari-hari dan memanfaatkan manfaat kesehatannya. 


Daun Singkong

Tumis daun singkong dari cookpad.com
Tumis daun singkong dari cookpad.com

Daun Singkong mungkin sering kamu lihat di pasar atau bahkan tumbuh liar di pinggir jalan desa, tapi siapa sangka jika dedaunan hijau ini sebenarnya menyimpan begitu banyak gizi dan energi luar biasa? 

Betul sekali, kamu tidak salah baca. Daun singkong ini termasuk dalam kategori ‘super food’ yang bisa membantu kamuberenergi sepanjang hari.


Nutrisi Super dalam Daun Singkong 

Tahukah kamu bahwa daun singkong memiliki kekayaan nutrisi yang mengejutkan?

Dalam selimut hijau yang segar, tersembunyi serat yang melimpah, protein yang tinggi, dan keanekaragaman vitamin dan mineral mulai dari vitamin A, vitamin C, hingga kalsium.

Bahkan dalam setiap 100 gram daun singkong, kamu akan mendapatkan sekitar 4,5 gram protein – sebuah angka yang sungguh mengagumkan untuk sejenis tanaman hijau daun!  

Namun, hal tersebut masih belum cukup untuk menerangkan kehebatan daun singkong. Dengan kandungan energi sebesar 150 kalori per porsi, daun singkong berpotensi membantu menjaga stamina dan energi kamu tetap pada performa terbaik.

Plus, daun singkong juga merangkap sebagai penyimpan antioksidan, bintang yang dapat membantu memperkuat sistem imun kamu.

Energi Maksimal dari Daun Singkong 

Bagaimana cara terbaik untuk memasak daun singkong agar nutrisi penting ini tidak hilang? Pertama, kamu bisa mencoba merebus daun singkong. Air rebusan daun singkong bisa kamu minum atau kamu campur dalam sup. 

Cara lainnya, kamu bisa mengolah daun singkong menjadi sayur bening atau sayur asem yang lezat.

Ingat, jangan masak daun singkong terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak hilang. Gunakan api kecil dan masak dalam waktu yang singkat.

Menambahkan daun singkong dalam makanan tidak hanya akan memberikan nuansa rasa yang lezat, tetapi juga akan memberikan energi yang cukup untuk menjalani hari-hari dengan semangat dan vitalitas penuh.


Beras Merah

Siapa sangka, beras merah yang biasanya menjadi pilihan kedua setelah beras putih, ternyata menyimpan segudang kandungan nutrisi penting bagi tubuh. 

Selain rasanya yang khas, konsumsi beras merah bisa jadi pilihan cerdas untuk energi seharian yang kamu butuhkan. 

Kaya Nutrisi, Beras Merah Punya Energi! 

Beras merah, sungguh anugerah alam yang kaya akan nutrisi. Selain serat yang penting bagi kesehatan sistem pencernaan, beras merah juga dipenuhi oleh berbagai mineral penting seperti kalium, zat besi, dan kalsium. 

Ketika berbicara tentang vitamin, beras merah tak kalah hebat. Ia menyajikan deretan vitamin B1, B3, B6, dan juga vitamin E yang sangat baik untuk kesehatan kulit. 

Nah, hal yang membuat beras merah begitu spesial adalah kandungan karbohidratnya. 

Dibandingkan dengan beras putih, beras merah memiliki angka indeks glikemik yang lebih rendah. Ini berarti, beras merah dapat memberikan energi yang lebih stabil dan tahan lama.

Pilih Beras Merah, Nikmati Energi Seharian 

Ternyata, beras merah bukan hanya alternatif dari beras putih biasa. Dengan rata-rata 112 kalori per porsi, beras merah bisa menjadi sumber energi utama sepanjang hari.

Kadar serat yang tinggi juga membuat kamu merasa kenyang lebih lama, yang bisa menunda rasa lapar dan membantu menjaga kestabilan gula darah. 

Bagaimana caranya? Ketika kamu mengonsumsi beras merah, tubuh akan memecah karbohidratnya secara perlahan. Artinya, energi yang dihasilkan juga akan dilepaskan secara bertahap, sehingga mampu bertahan lebih lama.

Kandungan mineral dan vitamin di dalamnya juga membantu fungsi tubuh dalam menghasilkan energi secara optimal. 

Jadi, sudah saatnya untuk kamu beralih ke beras merah untuk mendapatkan energi yang lebih sehat dan bertahan lebih lama.

Ingat, tubuhmu adalah mesin yang membutuhkan bahan bakar berkualitas, dan beras merah bisa menjadi pilihannya!


Jahe

Memang tak bisa dipungkiri lagi, jahe telah menjadi teman setia di dapur kita. Bukan hanya di dapur, jahe juga telah menjadi bagian tak terpisahkan dari gaya hidup masyarakat Indonesia.

Tak hanya berperan sebagai pemanas tubuh dalam cuaca dingin, jahe juga berperan sebagai sumber energi luar biasa yang bisa membantu kita menghadapi berbagai kesibukan setiap harinya. Sungguh sebuah kehebatan yang terkandung dalam jahe, bukan?

Kehebatan Jahe untuk Energi 

Jahe memiliki senyawa aktif, seperti gingerol dan shogaol yang berpotensi meningkatkan metabolisme tubuh dan membantu pembakaran kalori.

Selain itu, jahe juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat mempengaruhi energi dan vitalitas kita. 

Jahe sebagai Acuan Energi 

Mau tahu bagaimana cara mendapatkan energi lebih dari jahe? Gampang banget! Cukup masak air jahe pagi hari, tambahkan sedikit madu atau gula aren sesuai selera, dan kamu akan merasakan energy boost sepanjang hari.

Jahe juga bisa kamu campur di smoothie-sehatmu, atau dicampur dengan teh. Rasanya yang hangat dan pedas dipastikan akan membangkitkan semangatmu!


Pisang

Bagaimana rasanya kalau kita berbicara tentang pisang? Buah yang mudah ditemukan dan harganya ramah di kantong ini sangat populer, tidak hanya karena rasanya yang lezat, tapi juga kekuatannya untuk memberikan energi ekstra kepada kita.

Benar, pisang memainkan peran penting sebagai penyedia energi harian yang cerdas. 

Tapi tunggu dulu! Ada lebih dari sekadar rasa lezat yang bisa didapatkan dari pisang. Buah satu ini penuh dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan kita.

Meskipun satu buah pisang berukuran sedang mungkin hanya ada sekitar 105 kalori, jangan pernah meremehkan tenaga yang bisa diberikannya. Kalori ini mampu memberikan dorongan energi yang cukup untuk menuntun kita melalui hari yang panjang. 

Konten lain:  Tips Memulai Rutinitas Olahraga untuk Kaum Mager

Pisang, bukan hanya manis dan lezat, tetapi juga merupakan sumber elektrolit alami yang penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh serta fungsi otot yang optimal.

Oleh karena itu, menikmati pisang setelah berolahraga dapat membantu kita untuk menggantikan elektrolit yang hilang melalui keringat. 

Apakah kamu sedang mencari jajanan sehat untuk saat tengah hari atau malam? Pisang bisa menjadi jawabannya.

Lantaran kandungan seratnya yang tinggi, pisang membantu kita merasa kenyang lebih lama dan dapat mengontrol rasa lapar.

Kabar baiknya, pisang juga mudah untuk dibawa kemana-mana. Jadi, jangan ragu untuk selalu membawa pisang sebagai camilan sehat dalam menjalani aktivitas keseharian.


Jambu Biji 

Sapa teman kita yang manis ini, Jambu Biji. Berwarna cerah dan manis, jambu biji memang terkenal sebagai buah penghilang dahaga.

Siapa sangka, di balik kelezatannya, jambu biji ternyata super makanan yang sarat nutrisi dan memberikan solusi energi untuk hari-harimu. Kenapa jambu biji masuk daftar makanan super? 

Jambu biji kaya akan vitamin C, vitamin yang dikenal sebagai penunjang sistem imun tubuh sehingga enerjik sepanjang hari bukan lagi sekadar impian.

Selain itu, buah yang satu ini juga memiliki vitamin A, kalsium, dan potassium yang penting bagi tubuh. 

Rasanya yang manis ini dikarenakan oleh kandungan fruktosa, sebuah bentuk gula alami yang tidak hanya menggoyahkan lidah, tapi juga menjadi sumber energi jangka panjang bagi tubuh kita.

Pantas saja, setelah makan jambu biji, kamu akan merasa lebih bersemangat dan penuh energi. Bagaimana cara konsumsi jambu biji agar memberikan energi optimal? 

Pilihan kepraktisan sering menjadi alasan mengapa banyak dari kita lebih memilih memakan jambu biji segar.

Namun, jangan lupa bahwa ada banyak cara lain untuk menikmati jambu biji sekaligus memperoleh energi optimal. 


Kacang Hijau

Kacang hijau mengandung banyak nutrisi yang baik untuk tubuh kita. Selain protein, ada juga vitamin B, serat, dan mineral yang penting seperti kalium dan magnesium. Semua ini bisa membantu menjaga keseimbangan energi di tubuh kita. 

  1. Protein: Kacang hijau mengandung banyak protein, yang penting untuk membangun dan memperbaiki sel-sel tubuh kita.
  2. Vitamin B: Vitamin ini bermanfaat untuk peningkatan energi dan fungsi otak.
  3. Serat: Serat dalam kacang hijau membantu perawatan sistem pencernaan, yang juga berkontribusi pada manajemen energi dalam tubuh kita.
  4. Mineral: Mineral seperti kalium dan magnesium dalam kacang hijau membantu mengatur tekanan darah dan menjaga kesehatan jantung.

Kacang Hijau untuk Energi Seharian 

Kacang hijau bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencukupi energi sehari-hari. Kamu bisa menikmati kacang hijau dalam berbagai bentuk, misalnya menjadi bubur kacang hijau yang manis, atau bisa juga dibuat menjadi bakso kacang hijau untuk varian makan siang atau malam yang berbeda. 

Apalagi jika kamu mengonsumsi kacang hijau pada pagi hari, energi yang ada dalam kacang hijau ini bisa digunakan oleh tubuh sepanjang hari. So jangan ragu untuk memasukkan kacang hijau dalam menu harianmu, ya!


Brokoli

Selamat datang di dunia Brokoli, jenis sayuran hijau yang bertabur nutrisi super dan siap memberimu energi sepanjang hari.

Tak hanya kaya vitamin dan serat, Brokoli juga merupakan sumber yang baik dari kalium, kalsium, dan zat besi.

Jadi, selain dapat memenuhi kebutuhan nutrisi, sayuran ini juga dapat membantu Kamu untuk mengatasi kelelahan dan letih. 

Brokoli, Sayuran Hijau Penuh Nutrisi 

Brokoli merupakan sayuran yang kaya akan Vitamin C, Vitamin K, serta serat. Bahkan, dalam satu porsi brokoli sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan Vitamin C kamu sehari-hari.

Tidak hanya itu, antosianin dalam brokoli berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh dan mengurangi risiko kerusakan sel. 

Energi Seharian dengan Brokoli 

Meski rasanya mungkin tidak seistimewa junk food yang biasa kamu santap, percayalah bahwa brokoli adalah sumber energi yang lebih sehat dan jauh lebih bermanfaat bagi tubuhmu! 

Brokoli mengandung karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi alami bagi tubuh. Sifatnya yang lambat dicerna membuat kamu tidak akan merasa lapar dalam waktu yang lama.

Selain itu, brokoli juga kaya akan air dan serat yang membantu kenyang lebih lama dan menjaga sistem pencernaan kamu tetap sehat. 

Mulailah hari kamu dengan menambahkan brokoli di menu sarapan atau makan siang kamu, dan rasakan bedanya! Sebagai sumber energi yang melimpah, brokoli memang juaranya!


Daun Sirih

Salah pendatang baru dalam dunia super food adalah daun sirih. Walau bagian ini bisa dibilang segar, namun sejatinya daun sirih merupakan bagian dari tradisi kesehatan Indonesia sejak jaman dahulu. D

aun sirih mengandung semua hal yang dibutuhkan untuk mendukung energi seharian: nutrisi yang kuat, vitamin esensial, dan manfaat antioksidan

Festival Nutrisi dalam Daun Sirih 

Daun sirih merangkum sejumlah nutrisi yang luar biasa. Dalam setiap lembarannya, daun ini menawarkan sumber vitamin C, thiamin, niacin, riboflavin, dan bahkan kalsium. Hebatnya lagi, daun sirih juga kaya akan polifenol, sebuah jenis antioksidan yang kuat. 

Tak hanya itu, daun sirih juga mengandung minyak atsiri yang memiliki banyak manfaat kesehatan, seperti antibakteri dan antijamur.

Tak heran jika daun sirih kerap digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. 

Sirih Hadirkan Energi 

Bukan hanya istimewa dalam kandungan nutrisinya, daun sirih juga memberikan energi yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin dan mineral yang terkandung dalam daun sirih berperan penting dalam memproduksi energi, sementara antioksidan-nya membantu melawan radikal bebas yang mampu melambatkan proses metabolisme. 

Tea daun sirih bisa menjadi minuman penambah energi alami di tengah hari, atau setelah beraktivitas yang menguras tenaga. Selain itu, daun sirih juga bisa digunakan sebagai komponen tambahan dalam salad atau jus sehat.

Konten lain:  Rahasia Sederhana Cegah Penyakit: Cukup dengan Bergerak!

Alpukat 

Resep alpukat gurih dari olivemagazine
Resep alpukat gurih dari olivemagazine

Tak perlu diragukan lagi, alpukat merupakan salah satu sumber energi super yang harus kamu pertimbangkan.

Dengan teksturnya yang lembut dan rasanya yang enak, buah ini mudah disukai oleh banyak orang. Tapi bukan hanya itu, alpukat juga dipenuhi dengan nutrisi yang baik bagi tubuh kita. 

Kenapa alpukat? Lemak sehat, itulah jawabannya. Alpukat kaya dengan lemak tak jenuh tunggal yang dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menjaga kadar gula darah stabil, sehingga memberikan energi yang langgeng.

Selain itu, alpukat juga mengandung protein, serat, dan berbagai vitamin dan mineral penting lainnya seperti vitamin K, E, C, dan B-vitamin, serta kalium. 

Kamu bisa menikmati alpukat dalam berbagai cara. Dari dicampur dalam smoothie, sebagai selai alpukat, atau bahkan hanya dengan menambahkannya pada salad.

Lebih baik lagi, tambahkan sedikit garam laut dan lemon untuk menciptakan guacamole yang lezat. Apapun caranya, alpukat tetap akan memberikanmu energi yang diperlukan untuk menjalani keseharian.

Ingat, alpukat adalah buah yang tinggi kalori, jadi pastikan untuk mengonsumsinya dengan porsi yang tepat!


Labu Siam

Labu siam, atau juga dikenal sebagai chayote, adalah sayuran yang penuh dengan nutrisi yang dapat memberikanmu energi selama sehari penuh. 

Labu siam sangat kaya akan vitamin, seperti vitamin C, vitamin K, dan vitamin B6. Vitamin-vitamin ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita, tapi juga dapat memberikan energi. 

Bukan hanya itu, labu siam juga mengandung mineral, seperti potassium dan manganese yang berguna untuk menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh. 

Jika kita bicara tentang serat, labu siam juga tidak kalah. Serat yang terkandung dalam Labu siam dapat membantu proses pencernaan sehingga energi dari makanan yang kamu konsumsi dapat dikonversi dengan lebih efisien menjadi energi. 

Manfaatkan Labu Siam untuk Energi Seharian 

Menyantap labu siam bisa menjadi solusi tepat bagi yang membutuhkan asupan energi tambahan. 

Kamu bisa memasak labu siam menjadi berbagai macam makanan penyegar energi. Mulai dari dijadikan sebagai pengisi sup, tumisan, hingga diolah menjadi adonan pancake.


Sirsak

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan rasa manis dan segar dari buah sirsak. Tetapi, tahukah kamu bahwa manisnya sirsak mencakup berbagai khasiat dan manfaat untuk energi yang luar biasa?

Itulah alasan mengapa kami mencantumkan buah ini di daftar 15 makanan super untuk energi seharian. 

Kehebatan Nutrisi dalam Sirsak 

Sirsak penuh dengan nutrisi penting yang bisa mendukung peningkatan energi. Misalnya, buah ini mengandung vitamin C, vitamin B (seperti riboflavin, niasin, dan thiamine) dan serat yang baik.

Vitamin B bekerja keras dalam tubuhmu untuk membantu mengubah makanan menjadi energi.

Vitamin C, di sisi lain, membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan. Sementara itu, kehadiran serat mendukung fungsi pencernaan yang sehat sehingga bisa sebaik mungkin dalam menyerap nutrisi. 

Manfaatkan Sirsak untuk Energi Seharian 

Melibatkan sirsak dalam makanan sehari-harimu cukuplah mudah. Kamu bisa menambahkannya ke dalam salad buah, smoothies, atau bahkan jus segar.

Coba bayangkan, memulai pagimu dengan smoothie sirsak yang penuh nutrisi. Tenaga dan semangat segar itu tentu langsung terasa, bukan? 

Memasukkan sirsak dalam menu sehari-hari bukan hanya membuat santapan menjadi lebih nikmat, tapi juga berikan dorongan energi yang butuhkan untuk menjalani hari yang panjang.


Biji Selasih

Nah, mari kita tutup list dengan makanan super yang mungkin tak begitu akrab di telinga sebagian dari kita, yaitu biji selasih.

Biji kecil yang saat diserap air akan membentuk lapisan jelly ini populer sebagai bahan tambahan pada minuman atau dessert.

Faktanya, di balik teksturnya yang unik, biji selasih mengepak sejumlah nutrisi yang fantastis untuk menjaga energimu sepanjang hari. 

Keunikan Nutrisi dalam Biji Selasih  

Fiber, protein, serta lemak sehat abadi dalam biji selasih. Mengonsumsi biji ini bisa menambah asupan serat harianmu, yang bagus untuk pencernaan.

Selain itu, dengan kadar protein yang baik, biji selasih juga mendukung pembentukan energi tubuh. Tidak hanya itu, biji ini juga kaya akan omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan jantungmu

Ada juga berbagai mineral penting seperti kalsium untuk tulang yang kuat, magnesium yang mendukung fungsi otot, serta zat besi yang membantu dalam pembentukan hemoglobin – komponen penting dari sel darah merah yang mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

Jadi, tak diragukan lagi, biji selasih memiliki semua yang kamu butuhkan untuk menjaga energimu tetap prima sepanjang hari! 

Jadikan Biji Selasih Sumber Energi Setiamu  

Biji selasih dapat dengan mudah dicampur ke dalam berbagai sajian. Tambahkan saja ke dalam yogurt favoritmu, smoothie, atau bahkan bisa kamu sebar ke atas salad.

Resepnya gampang, tapi manfaatnya berlimpah. Biji selasih siap menjadi senjata ampuhmu untuk menghadapi hari yang melelahkan dengan penuh energi seperti superman!


Bukan suatu hal yang sulit untuk memperoleh energi sepanjang hari. Cukup dengan mengonsumsi makanan super yang telah kita bahas sebelumnya, energi tersebut bisa kita dapatkan.

Mulai dari tempe yang sederhana, kunyit dengan kandungan nutrisi ajaibnya, hingga belimbing, daun singkong, beras merah, jahe, pisang, dan biji selasih yang wajib kamu coba. 

Lalu jangan lupa akan manfaat kacang hijau, brokoli, daun sirih, alpukat, labu siam, dan sirsak yang tidak kalah hebat dalam memberikanmu energi.

Semua makanan tersebut kaya akan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsinya dan tentu saja, memberikanmu energi yang dibutuhkan sepanjang hari. 

Ingat, menjaga keseimbangan dalam pola makan adalah kuncinya.

Kamu tidak perlu memilih satu makanan super dan mengonsumsinya dalam jumlah banyak. Malah, cobalah untuk mencampurnya dalam menu sehari-hari. Dengan begitu, tubuhmu akan mendapat beragam nutrisi dari berbagai sumber.

Selamat menikmati hidup sehat dengan energi melimpah!

0 Shares
Tetep baca konten Sapiocyclo walau sedang di kereta 🚂
Not now
Install
You May Also Like