Memprioritaskan tugas kerja = produktifitas

Supercharge Hari Kerjamu: Tips Praktis Memprioritaskan Tugas

0 Shares
0
0
0

Memiliki banyak tugas untuk diselesaikan dalam sehari seringkali membuat kita merasa kewalahan dan stres.

Jangan sampai keadaan ini membuat kamu berhenti menghasilkan karya terbaikmu pada setiap tugas yang kamu kerjakan. 

Ingatlah selalu wisdom ini: “Urutan prioritas tidak mengurangi kualitas.”

Artinya, walaupun kamu memiliki banyak tugas, tetap prioritaskan tugas-tugas besar terlebih dahulu tanpa mengurangi kualitas kerjamu. Kamu bisa melakukan hal ini dengan cara membuat daftar prioritas kerja.

Yuk, supercharge hari kerjamu dengan tips praktis ini untuk memprioritaskan tugas! 

Cara Menentukan & Memprioritaskan Tugas Kerja

Sebelum mulai bekerja, ada baiknya untuk selalu menyiapkan rencana. Setelah kamu tahu apa saja yang perlu kamu kerjakan, coba pikirkan tugas mana yang paling penting dan mendesak untuk diselesaikan.

Begini cara menentukannya:

  1. Pahami Tujuanmu. Kenapa? Karena dengan memahami tujuanmu, kamu akan tahu apa yang harus kamu prioritaskan.
  2. Mengatur Waktu. Memiliki ide bagus tentang berapa banyak waktu yang kamu miliki dapat membantu dalam menentukan prioritas. Jika tugas memerlukan lebih banyak waktu dan kamu tahu bahwa kamu tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikannya sekarang, ada baiknya dijadwalkan untuk lain waktu.
  3. Penilaian. Tugas mana yang memiliki dampak terbesar pada pekerjaanmu jika diselesaikan? Kamu harus mempertimbangkan ini saat menentukan prioritas.

Pilih Aplikasi Produktifitas yang Tepat 

Evernote berguna untuk membuat catatan terorganisir
Evernote berguna untuk membuat catatan terorganisir

Sekarang ini, aplikasi produktivitas bukan lagi pilihan, melainkan keharusan. Kamu bisa menggunakan aplikasi seperti Trello, Asana, atau Evernote untuk mengelola dan memantau tugas. 

Konten lain:  Kesehatan Mental: Pondasi #1 Kesuksesan Karir

Setiap aplikasi ini memiliki fitur dan keunggulan masing-masing, sehingga kamu dapat memilih mana yang paling cocok dengan kebutuhan dan preferensi kerja kamu. 

Misalnya, aplikasi seperti Asana dan Trello sangat membantu untuk mengatur jadwal dan daftar tugas, sementara Forest dan Focus To-Do lebih fokus pada teknik pomodoro. Pilihlah yang paling memudahkan alur kerja kamu.

Gunakan Strategi Eisenhower Box 

Strategi yang satu ini adalah teknik sederhana namun efektif untuk mengatur prioritas.

Eisenhower Box, dikenal juga dengan metode urgent-important matrix, dapat membantu kamu lebih jelas dalam membedakan tugas mana yang seharusnya dikerjakan segera, dan mana yang dapat ditunda atau didelegasikan.

Jadi apa itu Eisenhower Box ini sebenarnya? Ide di balik metode ini cukup sederhana: suatu cara untuk memprioritaskan tugas kamu berdasarkan tingkat kepentingan dan urgensi.

Strategi ini dinamai dari Presiden AS ke-34, Dwight D. Eisenhower, yang terkenal dengan pengalokasian waktu dan tugasnya yang efektif. 

Bagaimana Cara Kerja Eisenhower Box? 

Eisenhower Box terdiri dari empat kotak, masing-masing merepresentasikan kombinasi dari tugas yang berbeda tingkat urgensi dan pentingannya:

  1. Urgent dan Important: Tugas yang harus segera kamu kerjakan. Ini adalah tugas yang memiliki deadline mendatang atau mungkin sudah lewat.
  2. Important, Tapi Tidak Urgent: Tugas-tugas ini tidak harus segera diselesaikan, namun mereka tetap penting untuk perkembangan kerjamu dalam jangka panjang.
  3. Urgent, Tapi Tidak Important: Ini adalah tugas yang harus diselesaikan segera, tetapi tidak memberikan kontribusi besar pada tujuanmu.
  4. Tidak Urgent dan Tidak Important: Tugas-tugas dalam kategori ini adalah tugas yang dapat ditunda atau didelegasikan ke orang lain.

Berikut adalah contoh tabel bagaimana kamu bisa memanfaatkan Eisenhower Box: 

Konten lain:  Work-Life Balance 101 untuk Milenial
 UrgentTidak Urgent
ImportantMenyelesaikan proposal proyek yang deadline-nya besokMembaca buku-buku tentang strategi bisnis untuk meningkatkan skillmu
Tidak ImportantMenyertakan jawaban untuk email yang tidak perlu balasan segeraMenonton video motivational saat istirahat kerja

Menggunakan Eisenhower Box bisa membantu kamu dalam mengatur tugas sesuai dengan urgensi dan pentingnya. Dengan begitu, kamu akan lebih fokus dan terorganisir dalam mengerjakan tugas.

Tips dalam Menggunakan Eisenhower Box 

  1. Jangan takut untuk mendebat diri sendiri. Memutuskan di mana suatu tugas harus ditempatkan dalam Eisenhower Box bisa jadi membingungkan. Namun, hal ini dapat menjadi kesempatan untuk melakukan introspeksi dan berpikir kritis tentang apa yang benar-benar penting bagi kamu.
  2. Sisihkan waktu khusus untuk menganalisis dan merefleksikan tugas-tugas kamu, dan jangan ragu untuk melakukan penyesuaian jika diperlukan.
  3. Belajar untuk mendelegasikan. Tidak semua tugas harus ditangani sendiri. Jika ada hal yang bisa didelegasikan atau di-outsource, jangan ragu untuk melakukannya.

“What is important is seldom urgent and what is urgent is seldom important.” – Dwight D. Eisenhower.

Manfaat Mengatur Prioritas Tugas

Memprioritaskan tugas kerja tidak hanya membuat hari kerjamu lebih terorganisir, tapi juga memiliki berbagai manfaat lain yang mungkin belum kamu sadari.

Menentukan tugas mana yang harus dikerjakan terlebih dahulu dapat menambah produktivitas, menurunkan tingkat stres, dan meningkatkan kualitas pekerjaanmu!

Menambah Produktivitas 

Dengan memiliki prioritas yang jelas, kamu bisa fokus pada apa yang paling penting terlebih dahulu.

Dengan begitu, kamu mampu menyelesaikan lebih banyak tugas dalam waktu yang lebih singkat. Singkat kata, produktivitasmu meningkat signifikan! 

Selain itu, dengan prioritas yang baik, kamu juga dapat mencegah pikiranmu terpecah dan menurunkan tingkat stres dalam bekerja.

Konten lain:  3 Langkah Bijak Mengelola Keuangan Setelah Lulus Kuliah

Merasa kewalahan dengan banyaknya tugas adalah hal yang umum.

Namun, dengan memprioritaskan tugas, kamu bisa mengendalikan alur kerjamu dan mengurangi stres. Dengan demikian, kesejahteraan mentalmu juga terjaga.

Meningkatkan Kualitas Pekerjaan 

Prioritasi memungkinkan kamu untuk menghabiskan waktu yang tepat pada tugas yang tepat.

Alhasil, kualitas kerjamu akan meningkat karena kamu tidak terburu-buru atau merasa terpecah oleh banyak tugas sekaligus. 

Ingatlah selalu bahwa prioritas bisa berubah-ubah. Maka dari itu, sangat penting untuk mengevaluasi dan menyesuaikan prioritas tugasmu secara berkala.

Dengan cara ini, kamu bisa terus mencapai tujuan dan target yang diinginkan. 


Bekerja dengan semangat dan produktif adalah harapan setiap individu dalam hidupnya. Dengan memprioritaskan tugas dan fokus pada prioritas, kamu dapat mewujudkan hal ini.

Seperti pepatah lama yang mengatakan,

“Apa yang kamu tanam, itulah yang akan kamu tuai,”

Seberapa baik kamu menanam tugas-tugas kamu, sangat menentukan hasil yang akan kamu peroleh.

0 Shares
You May Also Like