Teknik dasar mindfulness (kesadaran penuh)

Teknik Mindfulness untuk Meningkatkan Kualitas Hidup

Dengan Mindfulness, kita jadi lebih paham diri kita sendiri. Kayak punya buku petunjuk diri sendiri yang selalu siap membantu. Dengan mengerti diri sendiri, kita bisa jadi ‘pemain’ yang lebih baik dalam drama kehidupan.
0 Shares
0
0
0

Apa sih mindfulness itu? Spoiler alert: ini bisa jadi ‘alat ajaib’ untuk hidup yang lebih ceria. Mindfulness itu kayak ‘kacamata ajaib’ yang bikin kita lihat dunia dengan lebih jelas.

Jadi, bayangkan saja kamu punya kacamata yang bisa bikin kamu lihat segala sesuatu dengan lebih jelas dan penuh warna!

Dengan Mindfulness, kita jadi lebih paham diri kita sendiri. Kayak punya buku petunjuk diri sendiri yang selalu siap membantu. Dengan mengerti diri sendiri, kita bisa jadi ‘pemain’ yang lebih baik dalam drama kehidupan.

Bahkan ada penelitian dari Universitas Massachusetts yang bilang kalau Mindfulness itu top banget.

Mereka mengadakan penelitian selama 8 minggu dengan orang-orang yang stres dan susah tidur. Dan hasilnya? Setelah 8 minggu, mereka yang sudah latihan Mindfulness jadi lebih rileks dan tidurnya lebih nyenyak. Siapa yang tidak mau tidur nyenyak kayak bayi?


Apa Itu Mindfulness?

Mindfulness, sebuah konsep yang berasal dari tradisi Budha, kini telah menjadi topik populer dalam dunia psikologi dan kesehatan mental.

Dalam bahasa Indonesia, “mindfulness” dapat diartikan sebagai “kesadaran penuh”. Dalam konteks yang lebih luas, kesadaran penuh adalah suatu keadaan di mana seseorang mampu menyadari dan menerima apa yang terjadi di sekitarnya tanpa merasa terganggu atau terpengaruh. 

“Mindfulness adalah kesadaran yang muncul melalui fokus pada momen saat ini, dan menerima apa adanya tanpa menilai.”

Jon Kabat-Zinn, perintis mindfulness modern.

Melalui praktik mindfulness, kamu berkesempatan untuk meningkatkan kualitas hidup, baik itu dari sisi fisik maupun mental.

Konten lain:  Tips Memulai Rutinitas Olahraga untuk Kaum Mager

Melalui latihan-latihan ini, kamu dapat belajar untuk lebih fokus, merasa lebih tenang, serta menerima diri sendiri dan lingkungan di sekitarmu dengan lebih baik.


Teknik Dasar Mindfulness

Apakah kamu ingin mencobanya? Mulailah dengan memusatkan perhatian pada pernapasan. Bayangkan pernapasanmu seperti angin sepoi-sepoi yang berhembus di taman. Nikmati aroma bunga dan sentuhan embun di pagi hari. 

Jika tiba-tiba kamu mulai kepikiran rencana liburanmu ke Bali, atau bertanya-tanya mengapa kucing tetangga selalu tidur di teras rumahmu, itu adalah hal yang normal!

Yang terpenting adalah mengembalikan fokusmu ke pernapasan. Jangan khawatir, hal ini pernah dialami oleh kita semua. 

Cobalah mengamalkan Mindfulness saat makan. Rasakan setiap gigitan, tekstur makanan dan bayangkan makanan itu seolah-olah mengadakan konser di mulut.

Atau saat berjalan, rasakan setiap langkah dan bayangkan kamu sedang berjalan-jalan di sebuah taman bunga.


5 Tips & Trik Supaya Bisa Fokus Ketika Mencoba Mindfulness

Memahami dan mempraktekkan teknik kesadaran penuh pada awalnya bisa jadi seperti mencoba menangkap angin dengan tangan kosong, terutama ketika berusaha untuk fokus.

Tapi jangan khawatir, berikut beberapa tips dan trik yang bisa kamu coba untuk membantu meningkatkan fokus saat berlatih mindfulness. Jadi, mari kita mulai petualangan ini, yuk!

1. Mulai Dengan Durasi Singkat 

Tidak perlu langsung memulai dengan sesi mindfulness yang panjang. Mulailah dengan durasi singkat, misalnya lima menit, dan secara perlahan tambahkan waktu kamu.

Itu akan membantu membangun kebiasaan dan meningkatkan konsentrasi Anda secara bertahap. 

2. Pilih Tempat yang Tenang 

Memilih tempat yang tenang dan bebas dari gangguan dapat membuatmu lebih mudah fokus. Tempat ini bisa berupa sudut ruangan di rumah, taman yang tenang, atau tempat lain yang menenangkan dan membuat kamu merasa nyaman. 

Konten lain:  Usia 20-an dan Persiapan Pensiun: Kenapa Harus Mulai dari Sekarang?

3. Gunakan Teknik Pernafasan 

Teknik pernafasan adalah bagian penting dari mindfulness. Cobalah teknik pernafasan yang sederhana, seperti pernafasan perut, untuk membantu tetap fokus selama sesi. 

Latihan pernafasan ini tidak hanya membantu kamu untuk tetap waspada, tetapi juga berfungsi untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Dengan begitu, kamu dapat lebih mudah menerima dan melepaskan pikiran dan perasaan yang mungkin mengganggu.

4. Jadwalkan Waktu Terbaik untuk Anda 

Kamu mungkin akan mendapatkan hasil terbaik jika kamu praktekkan mindfulness pada waktu tertentu setiap hari.

Cobalah mencari waktu yang paling nyaman untukmu, bisa pagi hari saat baru bangun tidur atau malam hari sebelum tidur. 

5. Jangan Menghakimi Diri Sendiri 

Paling penting, jangan menghakimi diri sendiri jika kamu mengalami kesulitan untuk fokus. Kesadaran penuh adalah proses belajar dan memerlukan waktu untuk menguasainya.

Setiap kali pikiran mulai melayang, baiknya kamu mencoba mengalihkannya kembali dengan lembut dan tanpa judgement.


Menerapkan Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-hari

Mindfulness itu kayak saus sambal, bisa ditambahin ke mana aja. Mau saat makan, jalan-jalan, atau bahkan saat nunggu bis kota.

Yang penting, nikmati setiap momen dengan penuh kesadaran. Meskipun terlihat sederhana, mindfulness dapat memiliki dampak yang besar terhadap kualitas hidup kita, membantu kita merasa lebih tenang, terpusat, dan bahagia.

Ingat, nggak ada yang namanya benar atau salah dalam Mindfulness. Yang penting, tetap semangat dan terus latihan. Selamat mencoba dan semoga kamu jadi lebih ceria dan sehat ya!

0 Shares
You May Also Like